Gempa Bumi Guncang Lombok: Ratusan Rumah Rusak dan Puluhan Korban Terluka

Berita122 views

Lombok, 6 Juni 2024 – Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, pagi tadi. Gempa yang terjadi pada pukul 06.30 WITA ini menyebabkan kerusakan parah di berbagai wilayah, dengan laporan sementara menunjukkan ratusan rumah hancur dan puluhan orang terluka.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di bawah laut, sekitar 40 kilometer dari pantai utara Lombok. Guncangan kuat terasa hingga ke Bali dan Sumbawa, membuat warga panik dan berhamburan keluar dari rumah.

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, dalam konferensi pers menyatakan bahwa tim SAR gabungan sudah dikerahkan ke lokasi terdampak untuk melakukan evakuasi dan penanganan darurat. “Kami bekerja sama dengan TNI, Polri, dan relawan untuk mengevakuasi korban serta mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Suharyanto.

Menurut data sementara dari BNPB, lebih dari 500 rumah mengalami kerusakan, 75 di antaranya hancur total. Selain itu, beberapa fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas, dan tempat ibadah juga mengalami kerusakan signifikan. Hingga saat ini, tercatat 32 orang terluka, dengan 10 di antaranya dalam kondisi kritis dan sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah, mengunjungi lokasi terdampak gempa di Kabupaten Lombok Utara. Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas di lapangan. “Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bantuan dan memastikan keselamatan warga. Prioritas utama kami adalah penyelamatan korban dan pemulihan kondisi pascagempa,” kata Zulkieflimansyah.

Gempa ini mengingatkan kembali pada tragedi gempa bumi yang melanda Lombok pada tahun 2018, yang juga menyebabkan kerusakan besar dan korban jiwa. Pemerintah pusat dan daerah kini bekerja keras untuk mengkoordinasikan upaya tanggap darurat dan pemulihan, serta memastikan bantuan cepat sampai ke tangan yang membutuhkan.

Baca Juga  Kecelakaan Beruntun, 13 Mobil Terlibat di Ruas Tol Pejagan-Pemalang

Relawan dari berbagai organisasi kemanusiaan telah tiba di Lombok untuk membantu korban gempa. “Kami membawa kebutuhan dasar seperti makanan, air bersih, dan selimut. Selain itu, tim medis kami siap memberikan perawatan kepada yang terluka,” ujar Nurul Hidayat, koordinator relawan dari Palang Merah Indonesia.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan gempa susulan yang masih mungkin terjadi. Selain itu, warga di wilayah pesisir diimbau untuk menghindari pantai sementara waktu, meskipun BMKG menyatakan tidak ada potensi tsunami dari gempa ini.

Masyarakat dapat memantau perkembangan informasi melalui kanal resmi BMKG dan BNPB, serta diimbau untuk tidak mudah percaya pada berita yang belum terverifikasi kebenarannya. Dengan kerjasama semua pihak, diharapkan proses evakuasi dan pemulihan dapat berjalan dengan cepat dan efisien, mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana ini.

Komentar