Gempa Bumi Bermagnitudo 6.5 Guncang Maluku Utara

Berita107 views

Ternate, 30 Mei 2024 – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.5 mengguncang wilayah Maluku Utara pada dini hari tadi. Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 02:15 WIT dengan pusat gempa berada di kedalaman 20 kilometer, sekitar 40 kilometer barat daya dari Ternate.

Dampak dan Kerusakan

Getaran gempa dirasakan kuat di kota Ternate dan beberapa daerah sekitarnya, menyebabkan kepanikan di kalangan warga yang segera berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat aman. Beberapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan, termasuk rumah warga, gedung perkantoran, dan fasilitas umum. Beberapa ruas jalan juga mengalami retakan dan longsor kecil.

Laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara menyebutkan bahwa sejauh ini tidak ada korban jiwa, namun beberapa orang mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan. Tim SAR dan relawan sudah dikerahkan untuk melakukan evakuasi dan pertolongan pertama.

Tindakan Cepat Pemerintah

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, menyatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan seluruh jajaran terkait untuk segera turun ke lapangan dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. “Kami prioritaskan keselamatan warga. Saat ini tim sudah bergerak untuk memastikan kondisi di lapangan dan memberikan bantuan yang diperlukan,” ujarnya.

Selain itu, posko-posko darurat telah didirikan di beberapa titik strategis untuk menampung warga yang rumahnya rusak atau tidak aman untuk ditinggali. Bantuan berupa makanan, air bersih, dan obat-obatan mulai disalurkan.

Reaksi Masyarakat dan Relawan

Berbagai organisasi masyarakat dan relawan turut membantu dalam upaya penanggulangan bencana ini. Palang Merah Indonesia (PMI) dan beberapa LSM setempat telah mengirimkan tim medis dan bantuan logistik untuk membantu warga yang terdampak.

Baca Juga  Jejak Sejarah Transformasi Kota Bandung Menjadi Kota Metropolitan yang Berbudaya

Di media sosial, dukungan mengalir deras dengan tagar #PrayForMalukuUtara, menunjukkan solidaritas dari seluruh penjuru negeri. Banyak masyarakat yang menggalang dana dan bantuan untuk disalurkan ke daerah terdampak.

Komentar