Diskanak Sumedang Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Layak Konsumsi, Libatkan Dokter Hewan dan Petugas UPTD Peternakan

Sumedang – Menjelang Hari Raya Iduladha 1445 H, Dinas Perikanan dan Peternakan Diskanak Sumedang pastikan hewan kurban sehat dan layak konsumsi, untuk itu, Diskanak Sumedang mengerahkan tim kesehatan hewan yang terdiri dari dokter hewan dan petugas UPTD Peternakan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban di berbagai lokasi.

Pemeriksaan hewan kurban ini dilakukan untuk menjamin kesehatan dan keamanan daging kurban yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Hewan kurban yang dinyatakan sehat dan layak konsumsi akan diberi tanda khusus oleh petugas.

“Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini penting dilakukan untuk memastikan hewan yang dikurbankan benar-benar sehat dan bebas dari penyakit,” ujar Kepala Diskanak Sumedang, Tono Suhartono, saat ditemui di sela-sela kegiatan pemeriksaan hewan kurban di Pasar Hewan Tanjungsari, Sumedang, Minggu (26/5/2024).

Tono menjelaskan, tim kesehatan hewan Diskanak Sumedang akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban secara menyeluruh, mulai dari kondisi fisik, kesehatan organ tubuh, hingga pemeriksaan penyakit menular. Hewan kurban yang tidak memenuhi syarat kesehatan akan ditolak dan tidak boleh diperjualbelikan.

“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat yang berkurban mendapatkan hewan kurban yang sehat dan aman untuk dikonsumsi,” tegas Tono.

Selain melakukan pemeriksaan di pasar hewan, Diskanak Sumedang juga akan melakukan pemeriksaan hewan kurban di lokasi-lokasi lain yang sering digunakan untuk berjualan hewan kurban, seperti di pinggir jalan dan di rumah-rumah warga.

Tono menghimbau kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban untuk membeli di tempat yang terpercaya dan telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan. Masyarakat juga diimbau untuk tidak membeli hewan kurban yang terlihat sakit atau cacat.

“Masyarakat juga dapat melaporkan kepada petugas Diskanak Sumedang jika menemukan hewan kurban yang dicurigai sakit,” kata Tono.

Baca Juga  Program Makan Bergizi Gratis di 6 Sekolah Arcamanik Bandung Berkolaborasi dengan IFSR

Disnakna Sumedang berharap dengan adanya pemeriksaan hewan kurban ini, masyarakat dapat melaksanakan ibadah kurban dengan tenang dan aman.

Upaya Diskanak Sumedang dalam Menjamin Kesehatan Hewan Kurban

Disamping pemeriksaan kesehatan hewan kurban, Diskanak Sumedang juga melakukan beberapa upaya lain untuk menjamin kesehatan hewan kurban, seperti:

  • Sosialisasi kepada masyarakat: Diskanak Sumedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya membeli hewan kurban yang sehat dan layak konsumsi. Sosialisasi ini dilakukan melalui berbagai media, seperti penyuluhan, brosur, dan media sosial.
  • Koordinasi dengan instansi terkait: Diskanak Sumedang berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban.
  • Pengawasan terhadap tempat penjualan hewan kurban: Diskanak Sumedang melakukan pengawasan terhadap tempat penjualan hewan kurban untuk memastikan bahwa tempat tersebut memenuhi syarat kesehatan.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh Diskanak Sumedang, diharapkan masyarakat dapat melaksanakan ibadah kurban dengan tenang dan aman.

Komentar