Beasiswa Kalla Dibuka untuk Mahasiswa di Sulawesi

Beasiswa Kalla DibukaKabar gembira bagi para mahasiswa di Sulawesi! Beasiswa Kalla, program bantuan pendidikan dan kepemimpinan dari Yayasan Hadji Kalla, kembali dibuka untuk tahun 2024. Program ini ditujukan untuk membantu mahasiswa berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Di bawah naungan semangat almarhum Bapak Hadji Kalla dan Ibu Hj. Athirah, Yayasan Hadji Kalla dilahirkan di Makassar, Sulawesi Selatan pada tahun 1981. Awalnya bernama Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Hadji Kalla, yayasan ini bercita-cita luhur untuk memajukan bangsa melalui kegiatan sosial.

Pada tahun 1984, Sekolah Islam Athirah didirikan di Makassar. Menjadi pelopor sekolah swasta modern dengan jenjang SD-SMA, Athirah memancarkan sinar pendidikan yang gemilang. Seiring kiprahnya, program Beasiswa Kalla digulirkan pada tahun 1999. Misi mulia ini mengantarkan siswa berprestasi dari pelosok Sulawesi Selatan untuk menempuh pendidikan terbaik di Indonesia.

Tahun 2013 menandai babak baru dengan pembentukan organisasi profesional dan fokus tematik. Jangkauan wilayah pun meluas, menyapa 4 provinsi di pulau Sulawesi. Seiring semangat kolaborasi, Yayasan Hadji Kalla bergabung dengan Perkumpulan Filantropi Indonesia dan Dewan TSLP pada tahun 2019.

Pada tahun 2020, pengakuan istimewa diraih dengan izin resmi sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) skala nasional. Program-program di 3 provinsi lainnya diintensifkan, membawa manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia.

Yayasan Hadji Kalla: Sebuah Warisan Kebaikan

Lebih dari sekadar organisasi, Yayasan Hadji Kalla adalah perwujudan dedikasi untuk membangun Indonesia yang lebih sejahtera. Kiprahnya di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi telah menyentuh countless lives, meninggalkan jejak kebaikan yang tak ternilai.

Pendaftaran Beasiswa Kalla dibagi menjadi dua periode:

  • Batch 1: 25 Maret 2024 – 6 April 2024
  • Batch 2: 15 April 2024 – 30 April 2024 (dibuka jika kuota batch 1 masih tersedia)
Baca Juga  Drama Terbaru 'Bruised Like a Peach' Menghadirkan Kisah Cinta dan Penyesalan yang Mendalam

Terdapat 6 jalur yang dapat dipilih dalam Beasiswa Kalla:

  1. Prestasi Akademik
  2. Hafiz Al-Qur’an
  3. Prestasi di Bidang Olahraga dan Seni
  4. Keaktifan Berorganisasi
  5. Disabilitas
  6. Desa Bangkit Sejahtera (DBS)

Berikut kriteria umum untuk mendaftar Beasiswa Kalla:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang berasal dari atau berdomisili di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.
  • Sedang menempuh pendidikan S1 di perguruan tinggi negeri atau swasta.
  • Menjalani semester 2 saat mendaftar (semester 2-6 untuk jalur DBS).
  • Berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu (pra-sejahtera) dan membutuhkan bantuan finansial.
  • Memenuhi persyaratan khusus dari salah satu jalur Beasiswa Kalla.
  • Bersedia mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas dan pengabdian masyarakat.

Informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa Kalla dapat diakses melalui website resmi Yayasan Hadji Kalla atau klik link berikut:

Yayasan Hadji Kalla melalui LAZ Hadji Kalla kembali membuka program Beasiswa Kalla tahun 2024. Program ini bertujuan untuk membantu mahasiswa berprestasi dan kurang mampu di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Pendaftaran dibagi dua periode dan tersedia enam jalur, yaitu Prestasi Akademik, Hafiz Al-Qur’an, Prestasi Olahraga/Seni, Keaktifan Berorganisasi, Disabilitas, dan Desa Bangkit Sejahtera.

Beasiswa ini menawarkan bantuan biaya pendidikan, pelatihan kepemimpinan, dan pengalaman pengabdian masyarakat. Syaratnya, WNI dari Sulawesi, sedang menempuh S1, di semester 2 (semester 2-6 untuk DBS), berasal dari keluarga pra-sejahtera, dan memenuhi persyaratan khusus di salah satu jalur. Pendaftar juga harus bersedia mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas dan pengabdian masyarakat.

Komentar