Larangan Keras Polda Jabar Terhadap Sopir Tembak, Perketat Kelayakan Jalan Bus dan Supir

Bandung – Menjelang mudik Lebaran 2024, larangan keras Polda Jabar terhadap sopir tembak. Hal ini ditegaskan oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Akhmad Wiyagus dalam konferensi persnya di Bandung, Minggu (31/3/2024).

“Kami melarang keras penggunaan sopir tembak dalam mudik Lebaran tahun ini. Sopir tembak adalah sopir yang tidak memiliki kualifikasi dan pengalaman yang cukup untuk mengemudikan bus pariwisata,” tegas Akhmad.

Penggunaan sopir tembak dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya. Sopir tembak biasanya tidak memiliki pengetahuan tentang rute perjalanan, kondisi kendaraan, dan peraturan lalu lintas.

Sebagai gantinya, Polda Jabar mendorong pengusaha bus pariwisata untuk menggunakan sopir yang memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) umum dan telah mengikuti pelatihan mengemudi yang sesuai.

Selain itu, Polda Jabar juga akan memperketat pengawasan terhadap kelaikan jalan bus pariwisata. Petugas akan memeriksa kondisi fisik kendaraan, seperti ban, rem, dan lampu. Petugas juga akan memastikan bahwa bus pariwisata memiliki surat izin trayek dan laik beroperasi.

“Kami akan melakukan ramp check terhadap bus pariwisata di beberapa titik di Jawa Barat. Bus yang tidak laik jalan akan ditilang dan tidak diizinkan untuk beroperasi,” jelas Akhmad.

Polda Jabar juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat untuk melakukan pemeriksaan terhadap bus pariwisata. Dishub akan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan dan memastikan bahwa bus pariwisata telah lulus uji KIR.

Akhmad mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih bus pariwisata untuk mudik Lebaran tahun ini. Masyarakat diimbau untuk memilih bus pariwisata yang memiliki reputasi baik dan telah terdaftar di Kementerian Perhubungan.

“Masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah dan beberapa perusahaan swasta,” kata Akhmad.

Baca Juga  Teaser Pertama untuk Drama Roman Fantasi MBC "The Story of Park's Marriage Contract" Telah Dirilis

Berikut beberapa tips untuk memilih bus pariwisata yang aman dan nyaman untuk mudik Lebaran:

  • Pilih bus pariwisata yang memiliki reputasi baik dan telah terdaftar di Kementerian Perhubungan.
  • Pastikan bus pariwisata memiliki surat izin trayek dan laik beroperasi.
  • Periksa kondisi fisik kendaraan, seperti ban, rem, dan lampu.
  • Pastikan sopir memiliki SIM umum dan telah mengikuti pelatihan mengemudi yang sesuai.
  • Jangan menggunakan sopir tembak.

Selain memperketat kelaikan jalan bus dan supir, Polda Jabar juga menyiapkan posko terpadu dan tim patroli untuk mengamankan mudik Lebaran 2024.

Posko terpadu akan didirikan di beberapa titik di Jawa Barat, seperti di pintu tol, rest area, dan tempat wisata. Posko terpadu ini akan diisi oleh petugas dari Polri, TNI, Dishub, dan instansi terkait lainnya.

Tim patroli akan berpatroli di sepanjang jalur mudik untuk memantau situasi keamanan dan kelancaran lalu lintas. Tim patroli juga akan membantu masyarakat yang mengalami kesulitan selama perjalanan mudik.

Akhmad mengatakan bahwa Polda Jabar telah menyiapkan sebanyak 27.000 personel untuk mengamankan mudik Lebaran 2024. Personel tersebut akan ditempatkan di posko terpadu, tim patroli, dan beberapa titik rawan macet dan kecelakaan.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Polda di wilayah tetangga untuk memastikan kelancaran mudik di seluruh wilayah Jawa Barat,” kata Akhmad.

Berikut beberapa tips untuk mudik Lebaran yang aman dan nyaman:

  • Perencanaan matang: Rencanakan perjalanan Anda dengan matang, termasuk rute perjalanan, waktu keberangkatan, dan tempat peristirahatan.
  • Kondisi kendaraan: Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan. Periksa kondisi ban, rem, oli, dan lampu kendaraan.
  • Patuhi aturan lalu lintas: Patuhi aturan lalu lintas dan rambu-rambu jalan selama perjalanan.
  • Istirahat yang cukup: Pastikan Anda istirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan. Hindari mengemudi dalam keadaan mengantuk.
  • Siapkan bekal perjalanan: Siapkan bekal perjalanan yang cukup, seperti makanan, minuman, dan obat-obatan.
  • Berhati-hatilah di jalan: Berhati-hatilah di jalan dan waspadalah terhadap potensi kecelakaan.
  • Manfaatkan layanan mudik gratis: Manfaatkan layanan mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah dan beberapa perusahaan swasta.
Baca Juga  Presiden Indonesia Luncurkan Program Nasional "Gerakan Indonesia Bersih"

Dengan peringatan larangan keras Polda Jabar terhadap sopir tembak dan langkah-langkah tersebut, diharapkan mudik Lebaran 2024 di Jawa Barat dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Komentar