Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Contraflow, Siap Urai Kemacetan Saat Mudik dan Balik Lebaran

BANDUNG – Astra Tol Cipali bersama Polres Majalengka dan Polres Indramayu melakukan uji coba rekayasa lalu lintas contraflow pada Jumat (29/3/2024) siang.

Uji coba contraflow dilakukan sepanjang 4 kilometer dari Kilometer 153 hingga 157 arah Jakarta untuk memastikan kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

Uji coba ini dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi lonjakan kendaraan saat mudik dan balik Lebaran 2024. Tol Cipali merupakan salah satu ruas tol yang paling ramai dilalui pemudik, terutama dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Traffic & Security Management Department Head Astra Tol Cipali, Prayogi Setyo Pratomo, mengatakan bahwa uji coba contraflow berlangsung selama 34 menit, dari pukul 10.14 WIB hingga 10.48 WIB.

“Uji coba contraflow ini merupakan wujud sinergi antara Astra Tol Cipali sebagai BUJT dan kepolisian setempat dalam persiapan layanan Lebaran 2024. Gelar uji coba contraflow ini dilakukan di wilayah Km 153 yang merupakan titik pertemuan Jalan Tol Cisumdawu dan Jalan Tol Cipali,” kata Prayogi.

Prayogi menjelaskan bahwa lokasi Km 153 – Km 157 dipilih karena merupakan titik yang dilalui lebih banyak kendaraan dibandingkan dengan ruas Tol Cipali lainnya. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut merupakan titik pertemuan antara Tol Cipali dan Tol Cisumdawu.

“Berdasarkan hasil evaluasi, uji coba contraflow menunjukkan hasil yang positif. Kecepatan kendaraan meningkat dan kepadatan lalu lintas dapat diurai,” ujar Prayogi.

Astra Tol Cipali telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan contraflow saat mudik dan balik Lebaran 2024. Diantaranya, 5.000 Rubber Cone (RC), 600 buah Medium Water Barrier (MCB), serta 28 titik bukaan median (u-turn).

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk menentukan waktu dan lokasi penerapan contraflow saat mudik dan balik Lebaran 2024,” kata Prayogi.

Baca Juga  Jejak Sejarah Transformasi Kota Bandung Menjadi Kota Metropolitan yang Berbudaya

Masyarakat dapat mengakses informasi update penerapan rekayasa lalu lintas di masa Lebaran 2024 secara real time melalui media komunikasi luar ruang berupa spanduk dan Variable Message Sign (VMS) serta melalui media sosial Instagram dan Twitter Astra Tol Cipali.

“Kami berharap dengan persiapan yang matang, arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Tol Cipali dapat berjalan lancar dan aman,” pungkas Prayogi.

Manfaat Contraflow:

  • Mengurai kepadatan lalu lintas.
  • Meningkatkan kecepatan kendaraan.
  • Meringankan waktu tempuh perjalanan.
  • Memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Tol Cipali

Selain uji coba contraflow, Astra Tol Cipali juga melakukan berbagai persiapan lain untuk menghadapi mudik Lebaran 2024, di antaranya:

  • Penambahan gardu tol: Astra Tol Cipali akan menambah gardu tol di gerbang-gerbang utama, seperti Gerbang Tol Palimanan, Gerbang Tol Cikopo, dan Gerbang Tol Kalijati.
  • Penyiagaan petugas: Astra Tol Cipali akan menyiagakan petugas di sepanjang ruas tol untuk membantu pengguna jalan yang mengalami kendala.
  • Penempatan mobil derek dan ambulans: Astra Tol Cipali akan menempatkan mobil derek dan ambulans di beberapa titik strategis untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.
  • Pembersihan dan perbaikan jalan: Astra Tol Cipali akan melakukan pembersihan dan perbaikan jalan di sepanjang ruas tol untuk memastikan kenyamanan pengguna jalan.

Imbauan kepada Pemudik:

  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan.
  • Patuhi aturan lalu lintas dan rambu-rambu di jalan tol.
  • Gunakan aplikasi navigasi untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini.
  • Siapkan uang elektronik untuk pembayaran tol.
  • Istirahatlah di tempat yang disediakan jika merasa lelah.
  • Berkendara dengan sopan dan santun.

Dengan persiapan yang matang dan kerjasama dari semua pihak, diharapkan arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Tol Cipali dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Baca Juga  Laporan Kades Pedamaran VI Terhadap Wartawan Nakula, atas Dugaan Pemerasan dan Fitnah

Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Contraflow menunjukkan hasil yang positif dan diharapkan dapat membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Komentar