Komitmen Pemkot Bandung dalam Tingkatkan Kesehatan Balita melalui Pemberian Vitamin A

Komitmen Pemkot BandungPemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus memprioritaskan kesehatan anak-anak dengan melanjutkan kegiatan pemberian vitamin A pada Bulan Vitamin A. Salah satu posyandu yang menjadi saksi kegiatan ini adalah Posyandu Margaraharja 17 di Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. Pada Rabu (28/2/2024), puluhan balita mendapatkan pemberian vitamin A yang disambut dengan antusias oleh para ibu.

Pemberian vitamin A kepada balita mendapat tanggapan positif dari warga sekitar, termasuk Meiliani Nur Fadila, warga RT 06 RW 13 Kelurahan Margasari. Ia mengungkapkan pentingnya asupan vitamin A untuk mendukung tumbuh kembang anaknya yang berusia 10 bulan.

“Putra saya usia 10 bulan. Saya rasa pemberian vitamin A seperti ini bagus. Kita jadi yakin anak tumbuh sehat,” ujar Meiliani dengan senyum di wajahnya.

Pemberian vitamin A di Posyandu Margaraharja 17 tidak hanya mendapat respons positif dari Meiliani, melainkan juga dari puluhan ibu lain di wilayah Kelurahan Margasari. Mereka terlihat antusias mengantre untuk memberikan vitamin A kepada anak-anak mereka, sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan.

Linda Nurani Hapsah, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung, mengungkapkan bahwa pemberian vitamin A ini dilakukan di berbagai Posyandu di Kota Bandung. Pemkot Bandung memastikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah dalam upaya pemenuhan gizi anak-anak di Kota Bandung, khususnya selama Bulan Vitamin A yang jatuh pada bulan Februari dan Agustus.

“Generasi berikutnya adalah tanggung jawab kita yang ada sekarang. Kita memiliki kesadaran penuh untuk meningkatkan kesehatan ibu, balita, dan masyarakat pada umumnya,” ujar Linda.

Linda menegaskan bahwa Pemkot Bandung sedang fokus mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul untuk menyongsong era Indonesia Emas 2045. Selain pemenuhan vitamin, upaya pengentasan angka stunting juga menjadi fokus Pemkot Bandung.

Baca Juga  Penyakit Asam Lambung: Ketahui Makanan yang Perlu Diwaspadai

“Kota Bandung berkomitmen menyiapkan generasi emas dengan fasilitas kesehatan yang ada,” tambahnya.

Dalam mencapai komitmen tersebut, Pemkot Bandung tidak hanya memberikan vitamin A pada Bulan Vitamin A, tetapi juga terus menggencarkan upaya pengentasan angka stunting. Angka stunting merupakan indikator kurangnya gizi pada anak-anak, yang dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Dengan meningkatkan kesehatan anak-anak, Pemkot Bandung berharap dapat membentuk generasi yang sehat dan unggul. Upaya ini sejalan dengan visi pemerintah dalam menciptakan Indonesia Emas 2045, di mana sumber daya manusia yang berkualitas menjadi fondasi utama.

Kegiatan pemberian vitamin A dan pengentasan angka stunting ini juga mencerminkan keseriusan Pemkot Bandung dalam menjawab tantangan kesehatan anak-anak di era modern ini. Dengan memberikan perhatian khusus pada kesehatan generasi muda, diharapkan akan tercipta masyarakat yang lebih produktif dan berkualitas di masa depan.

Dalam konteks kesehatan anak-anak, peran ibu sebagai penjaga gizi dan kesehatan anak menjadi sangat penting. Posyandu menjadi tempat yang ideal untuk memberikan edukasi kepada ibu-ibu tentang pentingnya nutrisi dan perawatan kesehatan bagi anak-anak mereka.

Dengan menggandeng Posyandu sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat, Pemkot Bandung tidak hanya memberikan vitamin A, tetapi juga menciptakan kesadaran akan pentingnya peran setiap individu dalam menjaga kesehatan generasi muda. Program ini menciptakan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama, yakni kesehatan dan kesejahteraan anak-anak.

Dengan upaya terus-menerus dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan kesehatan anak-anak di Kota Bandung dapat terus meningkat, menciptakan fondasi yang kuat untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Komentar