Pelatih Barcelona Xavi Hernandez Umumkan Akan Hengkang dari Club pada Juni

Sport188 views

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan klub pada akhir musim ini, menyusul kekalahan telak 3-5 dari Villarreal pada pekan ke-22 La Liga Spanyol, Sabtu (28/1).

Xavi, yang ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada November 2021, berhasil mengantarkan timnya meraih trofi Piala Super Spanyol dan gelar La Liga musim lalu. Namun, musim ini Barcelona tampil buruk, terutama dalam hal pertahanan. Kekalahan dari Villarreal menjadi kali pertama Barcelona kebobolan lima gol di kandangnya dalam pertandingan La Liga sejak 1963.

“Pada 30 Juni, saya akan meninggalkan klub. Ini adalah keputusan yang saya ambil bersama presiden Joan Laporta dan staf pelatih,” kata Xavi dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Xavi mengatakan bahwa keputusannya untuk mundur diambil demi kebaikan klub. “Saya memikirkan klub dan, di atas segalanya, para pemain,” kata Xavi.

“Saya merasa bahwa saya melakukan hal yang benar dan saya bertindak dengan akal sehat. Saya pikir klub membutuhkan perubahan dalam dinamika, dinamika yang sangat negatif,” lanjut Xavi.

Xavi menegaskan bahwa keputusannya untuk mundur tidak akan berubah, bahkan jika Barcelona berhasil menjuarai Liga Champions musim ini. Ia juga mengatakan bahwa ia masih percaya bahwa timnya mampu meraih gelar juara musim ini.

“Saya lebih optimis dari sebelumnya dengan perubahan dinamika ini. Kami akan terus bersaing untuk gelar La Liga, itu sangat sulit, tetapi kami akan berjuang. Saya belum berbicara dengan para pemain tentang hal ini, saya melihat betapa frustrasinya mereka hari ini dan saya akan berbicara dengan mereka besok, dan ini adalah salah satu alasannya,” kata Xavi.

Barcelona saat ini menempati posisi ketiga klasemen La Liga dengan 44 poin, tertinggal 10 poin dari Real Madrid di puncak klasemen dan 8 poin dari Girona di posisi kedua. Sebelumnya, Barcelona juga kalah telak dari Real Madrid di final Piala Super Spanyol dan tersingkir dari babak delapan besar Copa del Rey.

Baca Juga  Tips Olahraga Aman dan Efektif di Bulan Ramadhan

Keputusan Xavi Hernandez untuk meninggalkan Barcelona pada akhir musim ini disambut dengan kekecewaan oleh para penggemar klub. Banyak penggemar yang berharap Xavi akan tetap bertahan dan membawa Barcelona kembali ke kejayaan.

“Ini adalah berita yang sangat mengecewakan,” kata seorang penggemar Barcelona yang bernama Juan. “Xavi adalah pelatih yang hebat dan dia telah melakukan banyak hal yang baik untuk klub. Saya tidak mengerti mengapa dia harus pergi.”

“Saya pikir Xavi adalah orang yang tepat untuk membawa Barcelona kembali ke jalur yang benar,” kata penggemar lainnya yang bernama Maria. “Saya berharap dia akan berubah pikiran dan tetap bertahan.”

Keputusan Xavi untuk hengkang juga menimbulkan pertanyaan tentang masa depan Barcelona. Klub Catalan tersebut saat ini sedang mengalami krisis dan membutuhkan perubahan. Namun, kepergian Xavi akan membuat tugas untuk menemukan pelatih baru yang tepat menjadi semakin sulit.

Beberapa nama telah muncul sebagai kandidat pengganti Xavi, termasuk Mauricio Pochettino, Roberto Martínez, dan Luis Enrique. Pochettino saat ini sedang menganggur setelah dipecat dari Paris Saint-Germain, sedangkan Martínez adalah pelatih timnas Belgia. Enrique, yang pernah melatih Barcelona dari 2014 hingga 2017, saat ini sedang melatih timnas Spanyol.

Barcelona diperkirakan akan mengumumkan pelatih barunya pada akhir musim ini.

Komentar