Banjir Bandang Cisarua Bandung, 25 Rumah Rusak Parah, 10 Rumah Roboh, Uang Rp 150 Juta Hanyut

Berita291 views

Banjir bandang melanda Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Senin (15/01/2024) malam. Banjir bandang tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak sore hari.

Banjir bandang tersebut mengakibatkan banyak kerugian materiil. Sejumlah rumah dan bangunan di kawasan tersebut rusak parah. Bahkan, ada beberapa rumah yang roboh karena diterjang banjir.

Salah satu korban banjir bandang tersebut adalah Yani, seorang pedagang di kawasan Cisarua. Yani mengaku rumahnya rusak parah akibat banjir bandang. Selain itu, uang tunai miliknya sebesar Rp 150 juta juga ikut hanyut terbawa banjir.

“Rumah saya rusak parah, temboknya roboh, dan uang saya Rp 150 juta juga hanyut,” kata Yani.

Banjir bandang tersebut juga mengakibatkan arus lalu lintas di kawasan Cisarua tersendat. Beberapa ruas jalan di kawasan tersebut sempat terputus karena banjir.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat telah melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir bandang. BPBD juga telah menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang terdampak.

Hingga saat ini, petugas masih melakukan pembersihan dan pendataan terhadap korban banjir bandang.

Pemkab Bandung Barat mengimbau kepada warga untuk waspada terhadap potensi banjir bandang. Warga diminta untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

Penyebab Banjir Bandang Masih Diinvestigasi

Penyebab banjir bandang di Kecamatan Cisarua masih diinvestigasi oleh petugas dari BPBD Kabupaten Bandung Barat. Dugaan sementara, banjir bandang tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak sore hari.

Hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut menyebabkan aliran sungai Cisarua meluap. Air sungai yang meluap kemudian menggenangi pemukiman warga di sekitar sungai.

Baca Juga  Kejadian Ajaib di Tengah Serangan Laron: Seorang Pria Seakan Bak Avatar Mengendalikan Serangga

Petugas dari BPBD Kabupaten Bandung Barat juga akan menyelidiki kemungkinan adanya faktor lain yang menyebabkan banjir bandang, seperti adanya kerusakan infrastruktur di sekitar sungai.

Pemkab Bandung Barat akan Tingkatkan Mitigasi Bencana

Pemkab Bandung Barat akan meningkatkan mitigasi bencana untuk mencegah terjadinya banjir bandang di masa depan. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan melakukan normalisasi sungai.

Selain itu, Pemkab Bandung Barat juga akan melakukan sosialisasi kepada warga tentang pentingnya waspada terhadap potensi bencana.

Komentar