Hujan Deras Sebabkan Sungai Meluap, 19 Rumah Terendam Banjir Bandang di Pangalengan

Bencana288 views

Jawa Barat – Banjir bandang dan longsor menerjang Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (8/1/2024). Kejadian ini mengakibatkan 19 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 30 sampai 50 sentimeter.

Banjir dan longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pangalengan sejak Minggu (7/1/2024) hingga Senin subuh. Hujan dengan intensitas tinggi tersebut membuat Sungai Cisangkuy meluap.

“Kalau yang banjir bandang itu terjadi di RW 01 RW 14. Betul karena intensitas hujan kemarin sangat tinggi,” kata Kepala Desa Margamulya Suhendar Rohmani saat ditemui di lokasi, Senin.

Suhendar mengatakan, banjir telah surut dan warga sudah membersihkan rumah mereka. Namun, kerusakan akibat banjir masih tampak di beberapa rumah warga.

Selain menyebabkan banjir bandang, hujan deras tersebut juga mengakibatkan tembok penahan tanah (TPT) dengan panjang 15 meter di sekitar kantor desa ambruk.

Suhendar menyebut, aliran Sungai Cisangkuy kerap meluap apabila hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut. Namun, biasanya tidak terlalu parah dibanding kejadian hari ini.

Suhendar mengatakan, pihak desa telah berkoordinasi dengan DAS Cisangkuy dan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk segera memperbaiki drainase aliran Sungai Cisangkuy.

“Kami sudah mengajukan perbaikan drainase ke Pemkab sejak 2,5 tahun lalu, tapi belum ada tindak lanjut. Tapi kemarin ada sedikit (TPT bantaran) yang dibangun melalui program dana Desa Margamulya,” ujarnya.

Suhendar berharap, Pemerintah Kabupaten Bandung segera mengambil langkah untuk memperbaiki drainase aliran Sungai Cisangkuy. Hal ini untuk mencegah terjadinya banjir bandang dan longsor di Desa Margamulya di masa mendatang.

Baca Juga  Pelantikan Mayor Teddy Indra Wijaya sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu

Komentar