Riung Gunung, Swissnya Bandung Hamparan Skywalk yang Instagramable

Wisata428 views

Riung Gunung adalah salah satu tempat wisata alam yang populer di Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan hamparan kebun teh yang luas dan asri. Riung Gunung terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Riung Gunung terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 50 kilometer. Waktu tempuh berkendara sekitar 1 jam 30 menit.

Rute Menuju Riung Gunung

Untuk menuju Riung Gunung, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  1. Dari pusat kota Bandung, Anda dapat langsung menuju Jalan Raya Banjaran-Pangalengan.
  2. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Kecamatan Pangalengan.
  3. Setelah itu, Anda akan menemukan petunjuk arah menuju Riung Gunung.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus jurusan Bandung-Pangalengan. Setelah sampai di Pangalengan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkot.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Riung Gunung adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp10.000
  • Anak-anak: Rp5.000
  • Parkir motor: Rp5.000
  • Parkir mobil: Rp10.000

Daya Tarik

Daya tarik utama Riung Gunung adalah pemandangan hamparan kebun teh yang luas dan asri. Kebun teh ini berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Udara di Riung Gunung sangat sejuk dan segar.

Selain pemandangan kebun teh, Riung Gunung juga memiliki beberapa daya tarik lainnya, yaitu:

  • Skywalk
    Skywalk adalah jembatan yang dibangun di atas hamparan kebun teh. Skywalk ini memiliki panjang sekitar 400 meter. Dari atas skywalk, Anda dapat menikmati pemandangan kebun teh dari ketinggian.
  • Tenda Camping
    Riung Gunung juga menyediakan fasilitas camping. Anda dapat berkemah di area yang telah disediakan. Pemandangan kebun teh di malam hari sangat indah.
  • Wisata Edukasi
    Riung Gunung juga menawarkan wisata edukasi. Anda dapat belajar tentang proses pembuatan teh.
Baca Juga  Blender Manusia, Wahana Ekstrem Chongqing Amusement Park

Tips Berkunjung ke Riung Gunung

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Riung Gunung:

  • Datanglah pada pagi hari
    Pagi hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Riung Gunung. Pada pagi hari, udara masih segar dan pemandangan kebun teh masih terlihat jelas.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman
    Anda akan berjalan kaki cukup jauh untuk menikmati pemandangan kebun teh. Oleh karena itu, gunakanlah alas kaki yang nyaman.
  • Bawa air minum yang cukup
    Udara di Riung Gunung sangat sejuk dan segar. Oleh karena itu, bawalah air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
  • Hati-hati terhadap tanaman berduri
    Di kebun teh terdapat banyak tanaman berduri. Oleh karena itu, hati-hatilah saat berjalan kaki.

Riung Gunung Swissnya Bandung

Riung Gunung sering disebut sebagai Swiss-nya Bandung karena keindahan pemandangannya yang mirip dengan pemandangan di Swiss. Hamparan kebun teh yang luas dan asri, udara yang sejuk dan segar, serta pegunungan yang menjulang tinggi, membuat Riung Gunung menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan melepas penat.

Skywalk yang Instagramable

Salah satu daya tarik utama Riung Gunung adalah skywalk-nya. Skywalk ini dibangun di atas hamparan kebun teh dengan ketinggian sekitar 400 meter. Dari atas skywalk, Anda dapat menikmati pemandangan kebun teh dari ketinggian. Skywalk ini juga menjadi salah satu spot foto yang paling populer di Riung Gunung.

Wisata edukasi yang menarik

Riung Gunung juga menawarkan wisata edukasi. Anda dapat belajar tentang proses pembuatan teh. Di sini, Anda akan diajak untuk melihat langsung bagaimana daun teh dipanen, dikeringkan, dan diproses menjadi teh.

Komentar