Presiden Jokowi Sambut Hari Guru Nasional dengan Pesan Inspiratif dan Poster Kreatif

Hari ini, Sabtu (25/11/2023), seluruh negeri merayakan Hari Guru Nasional, sebuah momen yang ditujukan untuk menghargai peran guru dalam membentuk generasi penerus bangsa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo tidak melewatkan kesempatan ini untuk memberikan penghormatan kepada para pendidik melalui media sosialnya.

Melalui akun Instagram pribadinya, Presiden Jokowi membagikan gambar poster khusus yang dirancang untuk merayakan Hari Guru Nasional. Poster tersebut menciptakan suasana belajar yang ceria di depan gedung sekolah dengan tulisan besar “Selamat Hari Guru Nasional”. Dalam keterangan yang disertakan, Presiden menegaskan bahwa peran guru bukan hanya sebagai figur yang digugu dan ditiru, tetapi juga sebagai pemimpin yang menentukan arah peradaban bangsa.

“Guru bukan lagi sekedar seorang yang digugu dan ditiru, yang menjadi suri teladan anak-anak didik, melainkan tokoh yang menentukan laju peradaban bangsa,” tulis Jokowi di keterangan poster, mencerminkan apresiasinya terhadap kontribusi para pendidik.

Dalam gambar poster yang diunggah, suasana belajar tergambar dengan begitu asri. Beberapa guru tampak sedang memberikan pengajaran kepada murid-murid mereka. Para murid yang ditampilkan berasal dari berbagai jenjang pendidikan, seperti SD, SMP, dan SMA, ditandai dengan warna seragam yang berbeda.

Tidak hanya menampilkan proses belajar mengajar, poster ini juga menyajikan momen kebersamaan antara guru dan murid, termasuk permainan dan kegiatan membaca bersama. Salah satu bagian menarik dari poster ini adalah papan tulis dengan tulisan kreatif yang membuat pembaca tersenyum.

Di papan tulis, terdapat tulisan yang awalnya menyebutkan “Selamat Hari Dasi Kursi (Tiechair),” namun dengan cermat, tulisan “(tiechair)” diganti dengan “Teacher,” yang berarti Guru dalam bahasa Inggris. Selain itu, terdapat tebak-tebakkan lucu seperti “Daftar Anak yang Suka Ngagetin” dengan jawaban “Anakonda,” dan “Buku yang Suka Jatuh” dengan jawaban “Bookgedebug.”

Baca Juga  Raihan Predikat A Reformasi Birokrasi, Bukti Keberhasilan Pemerintah Kota Bandung

Munculnya poster ini menarik perhatian netizen, terutama karena adanya kutipan inspiratif yang tertulis di buku yang terbuka, yaitu “Kejar Cita-Cita Bukan yang Gak Cinta.” Kutipan ini menuai beragam tanggapan dan resonansi dari masyarakat yang merasa tersentuh atau merelakan pengalamannya sendiri.

Keseruan poster semakin bertambah dengan kata-kata lucu lainnya, seperti “1,2 kali gak papa, 3 x 4 sama dengan 12,” yang di satu sisi mengundang tawa, namun juga memancing pemikiran.

Dalam gaya khasnya, Presiden Jokowi juga menyelipkan ikonik kucing oren dalam poster ini. Kucing tersebut, yang pada tahun lalu menjadi perbincangan warganet, kini terpampang jelas sedang memeluk buah semangka. Buah semangka tersebut diyakini memiliki makna simbolis terkait dengan isu Palestina.

Tak lupa, poster ini juga menampilkan sosok Presiden Jokowi yang dengan seriusnya menilik keadaan di dalam gambar, memberikan kesan bahwa pemimpin negara juga ikut serta merayakan dan menghargai peran guru.

Dengan poster kreatif dan pesan inspiratif, Presiden Jokowi berhasil menghadirkan nuansa yang penuh semangat untuk merayakan Hari Guru Nasional. Semua elemen yang terdapat dalam poster tersebut memberikan gambaran bahwa peran guru tidak hanya terbatas pada memberikan pelajaran, tetapi juga membentuk karakter dan menuntun generasi muda menuju masa depan yang cerah. Selamat Hari Guru Nasional untuk semua guru di seluruh Indonesia!

Komentar