Aksi Kekerasan Terhadap Penyandang Disabilitas di Pematang Siantar: Pelaku Diduga Rampas Uang Korban

Berita, Kriminal114 views

Senin, 23 Oktober 2023 – Baru-baru ini, sebuah video kekerasan terhadap seorang pengemis penyandang disabilitas menjadi viral di media sosial. Kejadian tersebut terjadi di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada Minggu, 22 Oktober 2023. Dalam video tersebut, dua pemuda diduga melakukan penganiayaan terhadap korban disabilitas dan bahkan merampas uang miliknya.

Aksi kekerasan ini pertama kali dibagikan melalui akun Instagram @memomedsos pada Senin (23/10/2023). Menurut keterangan dalam unggahan tersebut, penganiayaan terhadap pengemis penyandang disabilitas terjadi di depan Ganda jalan Kartini, Siantar, sekitar pukul 06.00 pagi. Selain penganiayaan, korban juga mengalami perampasan uang senilai sekitar Rp200 ribuan.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MEMOMEDSOS (@memomedsos)

Dalam video yang beredar, terlihat dua pemuda mengenakan kaos hitam dan jaket hitam yang menganiaya korban. Mereka mencoba merebut kantong yang dipegang oleh korban yang mengenakan baju berwarna biru. Meskipun korban tidak mampu berdiri atau memberikan perlawanan yang signifikan, ia tetap berusaha mempertahankan uangnya saat dua pelaku berusaha merampasnya. Pelaku bahkan menyeret-nyeret korban hingga tubuhnya terangkat beberapa kali dan terbanting ke tanah.

Video ini mendapat perhatian luas di kalangan warganet dan menjadi viral, dengan lebih dari 78,9 ribu penonton, 3.523 suka, 523 komentar, dan 173 kali dibagikan. Reaksi netizen terhadap aksi kekerasan ini sangat beragam, dengan beberapa di antaranya berharap agar pelaku segera ditangkap dan mendapat hukuman yang setimpal, sementara yang lain menyampaikan rasa sedih dan keprihatinan atas kejadian ini.

Tindakan kekerasan terhadap penyandang disabilitas adalah bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang tidak dapat diterima dalam masyarakat. Kejadian ini juga mengingatkan kita pentingnya untuk bersama-sama melawan tindakan kekerasan dan mendukung penyandang disabilitas dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan lebih adil bagi mereka. Semoga pihak berwajib segera mengambil tindakan yang tegas terhadap pelaku kekerasan ini untuk menegakkan keadilan.

Baca Juga  Xiaomi Resmi Merilis Redmi Buds 5: TWS dengan Noise Cancellation dan Fitur Unggulan Lainnya

Komentar