Canon Merilis Lensa RF 10-20mm F4 L IS: Lensa Ultra-Wide Zoom yang Meningkatkan Portabilitas dan Performa

Canon, salah satu produsen terkemuka dalam industri fotografi, baru-baru ini mengumumkan peluncuran lensa terbaru mereka, Canon RF 10-20mm F4 L IS. Lensa ultra-wide zoom ini telah dinanti-nantikan oleh para fotografer dan videografer, dan akan menjadi tambahan yang sangat berharga untuk jajaran lensa RF Canon yang ada. Dalam pengumuman resmi mereka, Canon menyebutkan bahwa lensa ini akan mulai tersedia di pasaran pada bulan November 2023, dengan harga sekitar US$2299 atau setara dengan 36 jutaan Rupiah.

Lensa RF 10-20mm F4 L IS akan menjadi saingan serius dalam kategori ultra-wide zoom, terutama karena ciri khasnya yang lebih ringkas dan ringan dibandingkan dengan lensa sejenisnya di pasaran. Ini memungkinkan para fotografer dan videografer untuk memiliki alat yang lebih portabel tanpa mengorbankan kualitas gambar yang dihasilkan.

Spesifikasi dan Keunggulan Lensa Canon RF 10-20mm F4 L IS

Salah satu hal yang membedakan Canon RF 10-20mm F4 L IS dari lensa ultra-wide zoom lainnya adalah jarak fokalnya yang mendekati lensa EF 11-24mm F4 L. Namun, perbedaan terbesar terletak pada dimensi fisiknya. RF 10-20mm F4 L IS lebih ringkas dan lebih ringan daripada EF 11-24mm F4 L, dengan berat hanya sekitar 570 gram, dibandingkan dengan 1,1 Kg EF 11-24mm F4 L.

Canon mencapai dimensi yang lebih kompak dengan mengadopsi rancangan elemen lensa yang inovatif. Dengan menempatkan elemen lensa paling belakang lebih dekat dengan sensor gambar, Canon mampu mengurangi ukuran elemen lensa di bagian depan. Hal ini tidak hanya mengurangi berat lensa tetapi juga memungkinkan jalur masuk cahaya yang lebih lurus, yang pada gilirannya membantu mengurangi efek aberasi warna dalam gambar.

Selain itu, lensa RF 10-20mm F4 L IS dilengkapi dengan teknologi penstabil yang mampu memberikan hingga 5 stop stabilisasi. Dalam kombinasi dengan kemampuan stabilisasi yang ada di bodi kamera, ini dapat memberikan pengguna hingga 6 stop stabilitas saat mengambil gambar dalam kondisi cahaya rendah atau menggunakan kecepatan rana yang lambat. Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi para fotografer yang sering berurusan dengan kondisi pencahayaan yang sulit.

Baca Juga  Buku apa yang ditulis Salman Rushdie?

Dengan 16 elemen yang terdiri dari 12 grup, termasuk satu elemen lensa Super UD, tiga lensa UD, dan tiga lensa aspherical, lensa RF 10-20mm F4 L IS dirancang untuk memberikan kualitas gambar yang superior. Elemen-elemen ini bekerja sama untuk mengurangi distorsi, aberrasi kromatik, dan ghosting, sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam dan bebas dari gangguan optik.

Keunggulan lain dari lensa ini terletak pada sektor autofocusnya. RF 10-20mm F4 L IS adalah lensa L-Series pertama dari Canon yang mengusung teknologi Stepper Motor (STM) untuk autofokus. Sebelumnya, lensa L-Series Canon menggunakan teknologi Ultra Sonic Motor (USM). Dengan adopsi STM, lensa ini menawarkan kinerja autofocus yang lebih halus dan lebih senyap, menjadikannya ideal untuk keperluan videografi. Ketika Anda merekam video dengan lensa ini, Anda tidak perlu khawatir tentang suara yang tidak diinginkan yang dihasilkan oleh autofokus.

Harga dan Ketersediaan

Canon RF 10-20mm F4 L IS akan tersedia di pasar mulai bulan November 2023, dengan harga sekitar US$2299 atau setara dengan 36 jutaan Rupiah. Harga ini mencerminkan kualitas dan teknologi tinggi yang ditawarkan oleh lensa ini, serta fakta bahwa ini adalah lensa L-Series Canon yang dirancang untuk para profesional dan penghobi fotografi yang serius.

Kehadiran lensa RF 10-20mm F4 L IS akan melengkapi jajaran lensa RF Canon yang ada, termasuk RF 14-35mm F4 L IS USM dan RF 15-35m F2.8L IS USM. Ini memberikan para fotografer dan videografer lebih banyak pilihan saat mencari lensa ultra-wide zoom yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan inovasi teknologi dan desain yang ditawarkan oleh Canon dalam lensa ini, diharapkan akan menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan para profesional dan penghobi fotografi.

Komentar