Peran Ayah yang Terlibat: Kunci Sukses Pendidikan Anak

Akademik28 views

Menurut studi dari Inggris, anak-anak cenderung memiliki kinerja yang lebih baik di sekolah dasar ketika ayah mereka menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka dalam membaca, bermain, atau melakukan aktivitas harian lainnya. Bagaimana kehadiran ayah benar-benar memengaruhi prestasi akademis anak? Dan bagaimana ayah yang sibuk bisa menemukan waktu yang tepat?

Dengan tuntutan pekerjaan, tanggung jawab, dan tekanan sehari-hari, banyak ayah berusaha keras untuk meluangkan waktu yang cukup bersama anak-anak mereka, terutama selama hari sekolah.

Ini adalah alasan yang mendorong para ahli di Inggris untuk melakukan penelitian pendidikan yang menunjukkan bahwa anak-anak mencapai kinerja yang lebih baik di sekolah dasar ketika ayah mereka menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka dalam membaca, bermain, atau melakukan aktivitas harian lainnya.

Studi ini menunjukkan bahwa anak-anak yang berinteraksi dengan ayah mereka seperti ini pada usia tiga tahun, mencapai hasil yang sangat baik di sekolah ketika mereka mencapai usia lima tahun. Mereka memiliki peningkatan dalam penilaian utama ketika mereka berusia tujuh tahun.

Partisipasi aktif ayah berperan penting dalam meningkatkan prestasi pendidikan anak. Di sisi lain, para ahli menegaskan bahwa ayah dapat menjadi sumber motivasi dan pembelajaran yang menyenangkan, berkontribusi pada perkembangan keterampilan berbicara, sosial, dan motorik anak-anak.

Ketika ayah berpartisipasi dalam pendidikan anak-anak mereka, mereka membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka, meningkatkan perasaan keamanan dan kepercayaan diri anak-anak mereka.

Akhirnya, para ahli menyarankan agar ayah yang sibuk dalam pekerjaan mencapai keseimbangan antara karier dan kehidupan keluarga, dengan mengatur waktu dan berpartisipasi secara aktif dalam pendidikan anak-anak mereka, untuk menciptakan kenangan indah yang akan bertahan seumur hidup.

Dalam wawancara dengan program “Morning” di Sky News Arabia, seorang ahli keluarga dan pendidikan, Luma Al-Safadi, menyatakan:

Baca Juga  Kupas Perjuangan 14 Kader Pendiri PMII, Rayakan Harlah PMII ke-64, Organisasi Mahasiswa Terbesar di Indonesia

“Ayah memiliki tanggung jawab besar terhadap anak-anak mereka, selain tanggung jawab finansial dan sosial mereka.” “Keberadaan ibu sangat penting sampai usia sekitar enam tahun karena dia adalah sumber kasih sayang dan perhatian yang terbesar.” “Anak membutuhkan apa yang disebut ‘rasa aman’ melalui pencarian dukungan dan keamanan yang mereka rasakan saat ayah ada.” “Kedua orang tua memiliki peran dan dampak yang signifikan dalam kehidupan anak, dan satu tidak dapat menggantikan yang lain.”

Bagaimana Anda bisa memanfaatkan waktu dengan anak-anak Anda dengan benar?

  1. Penting untuk menghindari segala sesuatu yang bisa mengganggu perhatian Anda saat menghabiskan waktu bersama anak-anak.
  2. Keterlibatan visual dalam berbicara dengan anak-anak memiliki dampak besar dalam menyampaikan perasaan, perhatian, dan rasa aman.
  3. Penting untuk menggunakan waktu bersama anak-anak untuk memberi mereka dorongan positif dan mendorong perilaku positif.
  4. Penting untuk membangun citra positif dari ayah untuk memperkuat hubungan dengan anak-anak.

Komentar