Shure Merilis Mikrofon SM7dB: Inovasi Terbaru untuk Kualitas Audio yang Lebih Baik

Berita, Tech113 views

Bandung, 2 Oktober 2023 Shure, salah satu produsen terkemuka dalam industri mikrofon, telah mengumumkan penambahan terbaru ke keluarga mikrofon SM7 mereka dengan merilis mikrofon SM7dB. Mikrofon ini menawarkan kualitas audio yang luar biasa tinggi dan preamp terintegrasi, yang dirancang untuk menyederhanakan alur kerja pengguna.

Spesifikasi Shure SM7dB

Mikrofon SM7dB ini memiliki desain, fitur, dan kualitas audio yang sama dengan versi orisinalnya, yaitu SM7B yang sangat dihormati di dunia audio profesional. Yang membedakan SM7dB adalah adanya dukungan preamp aktif yang dijual dengan lisensi teknologi dari Cloud, produsen perangkat audio yang terkemuka. Preamp ini telah dikonfigurasi oleh para ahli mikrofon dari Shure.

Salah satu keunggulan utama dari preamp terintegrasi di SM7dB adalah kemampuannya untuk menguatkan suara hingga +28 dB. Hal ini berarti pengguna tidak lagi perlu menggunakan preamp eksternal tambahan, yang seringkali diperlukan untuk mencapai tingkat suara yang diinginkan. Ini menjadikan SM7dB lebih praktis dan ideal untuk berbagai keperluan, mulai dari merekam vokal saat bernyanyi, membuat voice-over, hingga menghasilkan podcast berkualitas tinggi.

Mikrofon SM7dB ini termasuk dalam kategori mikrofon dinamis dengan pola polar kardioid. Pola polar kardioid ini memungkinkan mikrofon untuk fokus pada sumber suara yang ada di depannya dengan sangat jelas, sementara mengurangi penangkapan suara dari arah lain atau gangguan dari lingkungan sekitar.

Selain itu, SM7dB dilengkapi dengan teknologi air suspension shock isolation dan pop filter yang efektif untuk menghilangkan noise (bunyi latar) dan suara nafas yang tidak diinginkan. Dengan tambahan pelindung elektromagnetik, mikrofon ini juga dapat mengurangi suara dengungan yang berasal dari monitor komputer dan perangkat audio lainnya, memastikan hasil rekaman yang bersih dan bebas dari gangguan teknis.

Baca Juga  Prof Eddy Tersangka Gratifikasi: Perkembangan Terbaru Kasus yang Mencuatkan Nama Jessica Wongso

Tidak hanya itu, fitur kendali EQ yang sama seperti yang ada di SM7B juga disematkan pada SM7dB. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menyesuaikan kualitas audio sesuai dengan kebutuhan mereka dalam berbagai skenario penggunaan, termasuk studio rekaman, siaran, atau podcasting.

Harga Shure SM7dB

Bagi yang tertarik dengan mikrofon SM7dB, produk ini sudah tersedia untuk pembelian. Harga retailnya adalah US$500 atau sekitar 7 Jutaan Rupiah. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan versi SM7B yang telah ada di Indonesia dengan kisaran harga sekitar 6 Jutaan Rupiah, SM7dB menawarkan nilai tambah yang signifikan dalam bentuk preamp terintegrasi dan kemampuan audio yang unggul.

Shure SM7dB dapat ditemukan di berbagai distributor resmi Shure dan toko audio profesional di seluruh Indonesia. Untuk pengguna yang mengutamakan kualitas audio yang tinggi dan kesederhanaan dalam alur kerja mereka, investasi dalam mikrofon SM7dB dapat menjadi pilihan yang sangat menarik.

Manfaat Mikrofon SM7dB

Mikrofon SM7dB dari Shure menawarkan berbagai manfaat yang signifikan bagi para pengguna yang membutuhkan kualitas audio yang tak tertandingi dalam berbagai situasi penggunaan. Beberapa manfaat utama termasuk:

  1. Kualitas Audio Superior: Dengan dukungan preamp terintegrasi dan teknologi audio terkemuka, SM7dB menghasilkan kualitas audio yang luar biasa tinggi, menjadikannya pilihan ideal untuk merekam vokal, instrumen, atau berbicara.
  2. Kemudahan Penggunaan: Preamp terintegrasi menghilangkan kebutuhan akan perangkat tambahan, sehingga menyederhanakan alur kerja pengguna dan mengurangi biaya tambahan yang harus dikeluarkan.
  3. Pola Polar Kardioid: Pola polar kardioid mengurangi penangkapan suara dari arah yang tidak diinginkan, menghasilkan rekaman yang jernih dan fokus pada sumber suara utama.
  4. Reduksi Noise: Teknologi air suspension shock isolation, pop filter, dan pelindung elektromagnetik membantu mengurangi noise dan gangguan teknis lainnya, menghasilkan hasil rekaman yang lebih bersih.
  5. Kendali EQ: Fitur kendali EQ memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kualitas audio sesuai dengan preferensi mereka, sehingga cocok untuk berbagai jenis rekaman dan situasi penggunaan.
Baca Juga  A Good Day to Be a Dog, Drama Komedi Romantis Terbaru dengan Premis Unik

Kesimpulan

Shure SM7dB adalah inovasi terbaru dari Shure yang menawarkan kualitas audio superior dan kemudahan penggunaan dengan preamp terintegrasi. Meskipun harganya sedikit lebih tinggi daripada versi SM7B, nilai tambah yang diberikan oleh SM7dB dalam hal kualitas audio dan praktikalitas alur kerja membuatnya menjadi pilihan menarik bagi para profesional audio, musisi, podcaster, dan siapa saja yang mengutamakan kualitas audio dalam pekerjaan mereka. Produk ini bisa ditemukan di distributor resmi Shure di seluruh Indonesia, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengakses teknologi audio terbaik untuk keperluan mereka.

Komentar