Kebakaran Melanda SMPN 25 Bandung: KBM Dilangsungkan Secara Daring

Akademik, Berita52 views
Bandung, 20 September 2023 – Pada Kamis, 16 September 2023 lalu, dua ruang kelas di SMPN 25 Bandung mengalami kebakaran yang menghanguskan fasilitas tersebut. Meskipun insiden ini menimbulkan kerusakan signifikan, kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berlangsung meski dilakukan secara daring.
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, menjelaskan bahwa pihak berwenang tidak menemukan indikasi adanya unsur pidana dalam kejadian ini. Oleh karena itu, garis polisi di sekitar lokasi kebakaran dapat segera dicabut untuk memungkinkan upaya pembersihan dan perbaikan dilakukan dengan cepat. “Mudah-mudahan garis polisinya bisa cepat dicabut supaya bisa segera dilakukan pembersihan dan perbaikan. Sebab sekarang proses KBM jadi terganggu,” ungkap Ema pada Senin, 18 September 2023.

Meskipun para siswa tetap melanjutkan pembelajaran melalui platform daring, Ema Sumarna menekankan bahwa dalam situasi normal, pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Sebanyak 64 siswa terdampak oleh kebakaran tersebut, mengingat setiap kelas di SMPN 25 Bandung memiliki 32 siswa.

Untuk memulihkan fasilitas pendidikan yang terdampak, diperkirakan diperlukan dana sebesar Rp400 juta. Dana ini diusulkan akan diambil dari anggaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung. Ema Sumarna juga menunjukkan bahwa dalam situasi darurat, biaya tak terduga (BTT) dapat diakses untuk menangani masalah ini. “Seperti kejadian kebakaran di sekolah Gambir kemarin. Itu juga dananya murni dari Disdik. Kalaupun tidak, darurat bisa ditangani dengan biaya tidak terduga (BTT),” jelasnya.

Meskipun insiden ini menyebabkan gangguan dalam proses pembelajaran, pemerintah kota memastikan bahwa mereka akan segera mengatasi masalah ini dan memastikan agar pendidikan berjalan dengan lancar bagi siswa-siswa SMPN 25 Bandung. Proses penyelidikan terus berlanjut untuk menentukan penyebab pasti dari kebakaran tersebut. Lebih lanjut, pihak berwenang akan melakukan pemantauan ketat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan siswa selama proses pembelajaran berlangsung secara daring.

Komentar