Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, Cara Cek Formasi dan Informasi Penting

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka mulai tanggal 17 September hingga 6 Oktober 2023. Bagi mereka yang berminat mendaftar, sangat penting untuk memahami formasi CPNS 2023 sebelum memulai proses pendaftaran.

Menurut keputusan dari Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PANRB), terdapat sebanyak 572.496 formasi lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS 2023 yang akan tersedia. Jumlah tersebut akan dibagi untuk 72 instansi yang berbeda, dengan rincian 78.862 ASN untuk pemerintah pusat dan 493.634 ASN untuk pemerintah daerah.

Sebelum mendaftar, penting untuk melakukan pengecekan terkait formasi CPNS 2023 melalui situs resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN) dan situs instansi terkait. Kedua situs tersebut akan dapat diakses mulai tanggal 16 September 2023.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan pengecekan formasi CPNS 2023:

Cara cek formasi CPNS 2023 melalui SSCASN BKN:

  1. Buka website resmi SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Klik opsi ‘Info Lowongan’.
  3. Selanjutnya, buka ‘Simulasi Pemilihan’ dan isi kolom sesuai dengan kebutuhan Anda:
    • Jenis Pengadaan: (Pilih CPNS)
    • Instansi: (Pilih sesuai dengan pilihan Anda)
    • Tingkat Pendidikan: (Sesuai dengan lulusan terakhir Anda)
    • Pendidikan: (Pilih jurusan yang sesuai)
  4. Setelah mengisi semua kolom, klik tombol ‘Cari’.
  5. Formasi yang sesuai dengan jurusan dan kriteria Anda akan ditampilkan.

Cara cek formasi CPNS 2023 di situs kementerian/lembaga terkait:

Pelamar juga dapat melakukan pengecekan formasi CPNS dan PPPK 2023 melalui laman resmi masing-masing kementerian atau lembaga. Berikut adalah daftar sejumlah instansi beserta tautan untuk pengecekan formasi:

Baca Juga  UIN SGD Bandung, Akan Dirikan Fakultas Kedokteran

Pastikan untuk memeriksa formasi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda sebelum melakukan pendaftaran. Semoga berhasil dalam proses pendaftaran CPNS dan PPPK 2023!

Komentar