Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Minta Maaf Setelah “Ciuman Kontroversial”

Berita123 views

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Luis Rubiales, meminta maaf setelah mencium bibir gelandang tengah, Jenni Hermoso, saat tim nasional wanita Spanyol meraih gelar Piala Dunia pada hari Minggu di Sydney.

Ciuman Rubiales (45 tahun) kepada pemain tengah tersebut memicu reaksi global, namun dia mengatakan pada hari Senin dalam sebuah video yang dipublikasikan oleh televisi Spanyol, “Tentu saja saya melakukan kesalahan dan saya mengakui itu. Ini terjadi tanpa niat buruk, dalam momen kegembiraan besar. Di sini (ciuman tersebut) terlihat normal, tetapi di luar sana, itu menciptakan kekacauan.”

Rubiales melanjutkan, “Saya hanya memiliki pilihan untuk meminta maaf dan belajar dari itu… Saat mewakili federasi, saya harus lebih berhati-hati,” sambil mengkritik kegemparan yang diakibatkan oleh insiden ini.

Menteri Olahraga Spanyol sebelumnya pada hari Senin meminta Rubiales untuk meminta maaf.

Mikel Iceta mengatakan kepada radio nasional Spanyol, “Saya rasa tidak dapat diterima untuk mencium seorang pemain di bibir sebagai ucapan selamat… Dia harus memberikan penjelasan dan permintaan maaf, itu adalah tindakan yang masuk akal.”

Sementara ia menganggap kemenangan atas Inggris dalam final 1-0 dan meraih gelar pertama kalinya dalam sejarah negara sebagai “momen emosional yang besar,” ia menambahkan bahwa para pemimpin “harus sangat berhati-hati, karena kita mengirimkan pesan kepada masyarakat, dan pesan itu adalah tentang kesetaraan hak dan rasa hormat.”

Rubiales menegaskan bahwa ia memiliki “hubungan yang hebat” dengan Hermoso, yang membela presiden federasinya setelah ciuman itu, “Saya tidak suka itu,” meskipun dia tertawa saat berbicara.

Hermoso kemudian mengatakan bahwa momen tersebut berasal dari “tindakan spontan yang sepenuhnya dilandasi oleh kebahagiaan besar dari kemenangan Piala Dunia.”

Dia menambahkan, “Presiden dan saya memiliki hubungan baik, dan perlakuannya kepada kita semua telah luar biasa. Ini adalah tindakan alami dari kasih sayang dan rasa terima kasih. Kami memenangkan Piala Dunia dan kami tidak akan teralihkan dari apa yang penting.”

Hermoso melewatkan tendangan penalti dalam pertandingan tersebut, tetapi Spanyol berhasil bertahan untuk memenangkan pertandingan dengan gol Olga Carmona di babak pertama.

Baca Juga  Pemerintah Kota Bandung; Lakukan Vaksinasi Hewan Ternak Dosis Kedua

Komentar