Rahasia Awet Muda Terbongkar: Tips Makan Sehat dan Gaya Hidup untuk Menjaga Penampilan

Berita150 views

“Kamu terlihat lebih muda dari usiamu,” adalah kalimat yang menyenangkan untuk didengar oleh siapa pun. Tapi bagaimana kita bisa membuat penampilan kita terlihat lebih muda dari usia sebenarnya?

Dalam pandangan Dr. Mohamed El-Hofi, seorang profesor ilmu pangan di Universitas Ain Shams Mesir, kepada situs “Sky News Arabia”, jawabannya adalah “iya”. Seseorang bisa terlihat lebih muda dari usia sebenarnya dan memiliki energi dan vitalitas yang besar jika mengikuti gaya hidup sehat yang mencakup aspek makanan, olahraga, dan kesehatan mental.

Kunci”nya adalah pola makan yang sehat

El-Hofi menjelaskan hubungan antara pola makan yang sehat secara preventif dan penampilan yang segar dan muda dari tubuh berdasarkan hal-hal berikut:

  • Pola makan sehat membantu mencegah penyakit dengan mengurangi peradangan dan kerusakan sel. Ini juga meningkatkan sistem pertahanan tubuh (kekebalan) sehingga mempercepat pemulihan tubuh terhadap virus dan bakteri.
  • Pola makan ini juga melindungi DNA manusia, yang seiring waktu dapat rusak akibat kontaminasi makanan, air, dan udara.
  • Makanan sehat membantu memperbaiki dan meregenerasi sel induk yang rusak dan menua.

Bagaimana cara memilih makanan yang sehat?

Profesor ilmu pangan memberikan contoh-contoh makanan yang diperlukan untuk mencapai setiap poin di atas

  • Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda harus mengonsumsi makanan seperti minyak zaitun, brokoli, paprika pedas, serta sumber seng seperti daging dan ikan.
  • Untuk memperbaiki dan meregenerasi sel induk, Anda perlu mengonsumsi ikan, minyak ikan, cokelat hitam, mangga, dan minyak zaitun.
  • Untuk merangsang perbaikan DNA, konsumsilah bayam, wortel, jeruk, buah beri, brokoli, paprika merah, kacang lentil, telur, sarden, dan biji rami.
  • Semua hal di atas memerlukan sistem pencernaan yang sehat agar tubuh dapat mengekstraksi nutrisi yang bermanfaat dari makanan. Untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan, Anda perlu menjaga bakteri baik di dalamnya dengan mengonsumsi yogurt, kefir, kiwi, kacang-kacangan tinggi serat, dan semua makanan yang difermentasi, sambil menghindari gula berlebihan dan makanan olahan dengan bahan pengawet.
Baca Juga  Usai Data Kartu SIM Bocor, Menkominfo Minta Masyarakat Jaga NIK Masing Masing

Kebutuhan yang Tidak Bisa Diabaikan

Hanya makanan yang sehat saja tidak cukup. Untuk menjauhkan diri dari kelebihan berat badan dan obesitas serta menjaga penampilan yang segar dan muda, ada hal-hal penting lainnya yang perlu diperhatikan menurut El-Hofi:

  • Berolahraga secara teratur.
  • Mengurangi stres.
  • Tidur yang cukup minimal 6 jam setiap harinya.

Komentar