5 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba di Era Kekinian

Kuliner86 views

Bandung, ibu kota Jawa Barat di Indonesia, tidak hanya dikenal karena keindahan pemandangannya, tetapi juga kulinernya yang nikmat. Kota ini terkenal dengan hidangannya yang menggugah selera dan unik yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Pada artikel kali ini, kami akan mengupas beberapa tren kuliner terbaru di Bandung yang wajib Anda coba.

  1. Martabak Manis
    Martabak Manis atau dikenal juga dengan nama Terang Bulan merupakan jajanan kaki lima populer yang sudah ada puluhan tahun di Indonesia. Makanan manis ini terbuat dari campuran tepung, telur, gula, dan ragi, dan dimasak di atas wajan panas. Hasilnya adalah makanan penutup seperti panekuk yang biasanya diisi dengan taburan cokelat, keju, atau selai kacang. Di Bandung, kamu bisa menemukan berbagai topping seperti green tea, Oreo, dan Nutella.
  2. Baso Tahu
    Baso Tahu adalah hidangan tradisional Tionghoa-Indonesia yang telah ditata ulang di Bandung. Hidangan ini terdiri dari bakso yang terbuat dari campuran ayam cincang dan tahu, yang kemudian disajikan dalam kuah gurih dengan sayuran seperti selada, wortel, dan seledri. Kuahnya terbuat dari tulang ayam dan rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, dan merica. Hidangannya sehat dan enak.
  3. Nasi Kalong
    Nasi Kalong adalah hidangan yang relatif baru yang mulai populer di Bandung. Nama hidangan tersebut diterjemahkan menjadi “nasi kelelawar”, yang mengacu pada cara penyajiannya – di dalam tabung bambu. Nasi dimasak dengan santan dan bumbu seperti serai, daun salam, dan daun jeruk purut, yang memberikan aroma dan rasa yang unik. Tabung bambu tersebut kemudian diasapi, yang semakin menambah cita rasa nasi. Nasi Kalong biasanya disajikan dengan ayam goreng atau tempe, dan sambal (saus pedas).
  4. Es Duren
    Es Duren adalah makanan penutup menyegarkan yang sangat cocok untuk cuaca Bandung yang panas dan lembab. Makanan penutup ini terbuat dari buah durian yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang kuat. Daging durian dicampur dengan susu kental manis dan es, menghasilkan dessert yang creamy dan manis. Beberapa penjual menambahkan topping seperti sirup cokelat atau irisan almond untuk memberikan kerenyahan ekstra.
  5. Soto Bandung
    Soto Bandung merupakan sajian soto yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bandung. Hidangan ini terdiri dari suwiran ayam, tauge, dan bihun dalam kuah gurih yang terbuat dari tulang ayam dan bumbu seperti bawang putih, jahe, dan kunyit. Kuahnya kemudian diberi taburan bawang merah goreng, daun seledri, dan irisan tomat. Soto Bandung biasanya disajikan dengan emping (kerupuk yang terbuat dari kacang melinjo) dan sambal.
Baca Juga  Dibalik Kombinasi Buah Nanas & Timun Berdampak Mengurangi Lemak di Perut, Cek Cara Pembuatannya!

Kesimpulannya, Bandung adalah surga pecinta kuliner, dengan sajian kulinernya yang unik dan beragam. Mulai dari dessert manis seperti Martabak Manis dan Es Duren, hingga hidangan gurih seperti Baso Tahu dan Soto Bandung, selalu ada sesuatu yang bisa dicoba semua orang. Jadi, lain kali Anda mengunjungi Bandung, pastikan untuk menikmati budaya kulinernya yang lezat.

Komentar