Cara Setting MX Record Google Apps untuk Domain Anda

Aplikasi, Tech41 views

Bagi para pengguna yang ingin menggunakan layanan Google Apps sebagai alamat email, maka harus mengatur MX Record untuk domainnya. MX record merupakan bagian dari sistem routing mail yang penting untuk memastikan bahwa semua email Anda akan tersampaikan ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan cara setting MX Record Google Apps untuk domain Anda.

MX Record

MX Record adalah catatan DNS yang menyediakan informasi kepada sistem email tentang server yang harus digunakan untuk mengirimkan atau menerima email dari domain tertentu. MX Record ditetapkan dengan nama domain sebagai target, dan biasanya disortir berdasarkan nilai preferensinya. Nilai preferensi digunakan untuk memprioritaskan server mana yang harus digunakan jika beberapa server tersedia untuk mengirimkan email ke domain tertentu.

MX Record Google Apps

MX Record adalah sebuah catatan DNS yang memberitahu mesin pengirim email dimana server email dari suatu domain berada. Ketika Anda menggunakan Google Apps untuk mendapatkan layanan email, Anda perlu membuat MX Record baru di DNS Anda.

Cara Setting MX Record Google Apps untuk Domain Anda

Untuk mengaktifkan Google Apps untuk domain Anda, Anda perlu menambahkan MX Record di DNS server. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara setting MX Record Google Apps untuk domain Anda.

Pertama-tama, buka Control Panel dan masuk ke bagian Network & Internet -> Network and Sharing Center -> Change Adapter Settings. Cari dan klik kanan pada jaringan internet yang Anda gunakan -> Properties. Pada jendela yang muncul, klik tab Networking lalu pilih Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties.

Kemudian, buka menu Advanced dalam jendela yang sama dan masuk ke bagian DNS. Klik Add… dan masukkan alamat IP dari Google Mail Server berikut ini:
8.8.8.8 -> 8.8.4.4
Tambahkan record MX sebagai berikut:
Name/Hostname: @
Priority: 5
MX server address: ASPMX5GOOGLEMAILCOM->ASPMX20GOOGLEMAILCOM

Baca Juga  Frasa Kunci Terbaik di Tahun 2023: Strategi Penting untuk Kesuksesan Website Anda

Klik OK untuk menyimpan perubahan. Anda juga dapat menambahkan record TXT seperti berikut:
Name/Hostname: @
Value: v=spf1 include:_spf.google.com ~all

Kemudian, simpan perubahan dan restart komputer Anda. Setelah itu, Anda harus mendaftarkan domain Anda dengan Google Apps. Ketika Anda sudah selesai dengan pendaftaran, MX Record yang telah Anda masukkan akan secara otomatis disetel oleh Google Apps server.

MX Record Akan Berlaku

MX Record adalah record yang menyatakan server mana yang akan menangani email untuk domain Anda. MX Record akan berlaku segera setelah Anda menambahkannya ke DNS Anda.

Biaya Untuk Menggunakan MX Record Google Apps

Berdasarkan pengalaman penulis, tidak ada biaya untuk menggunakan MX Record Google Apps. Anda hanya perlu mendaftarkan domain Anda ke Google Apps for Business, lalu aktifkan layanan Gmail. Setelah itu, buka Control Panel Google Apps Anda dan masuklah ke menu “Domain Settings”. Pada tab “Domain Nameservers”, pastikan Anda telah mengatur nameserver domain Anda ke “Custom DNS”. Buka file zone domain Anda dengan text editor (misalnya Notepad++) dan carilah baris MX Record. Hapus baris tersebut lalu tambahkan baris berikut:

MX 1 ASPMX.L.GOOGLE.COM
MX 5 ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM
MX 5 ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM
MX 10 ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM
MX 10 ASPMX3.GOOGLEMAIL

Pengaturan Seluler untuk MX Record Google Apps

Pengaturan seluler untuk MX Record Google Apps sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

1. Buka Pengaturan Seluler di perangkat Anda.
2. Tap Akun > Gmail.
3. Masukkan alamat email dan password Anda.
4. Tap tombol “Aktifkan” di bawah “Pengaturan MX”.
5. Sekarang, buka aplikasi Gmail di perangkat Anda dan coba untuk mengirim atau menerima email dari alamat email tersebut.

Komentar