Covid-19 Naik Lagi, PPKM Level 1 Meluas ke Seluruh Wilayah Indonesia

PPKM Level 1 Meluas ke Seluruh Wilayah Indonesia. Pemerintah telah memperluas penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 di seluruh Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan. “Hari ini kami umumkan PPKM akan diperpanjang lagi untuk menekan laju peningkatan COVID-19,” kata Advil dan Dirjen Bina Wilayah Kementerian Dalam Negeri Sahrizal dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (November 2022). berkata dalam

Perpanjangan PPKM diatur dalam PPKM Jawa dan Bali Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2022. PPKM berlaku mulai tanggal 8 sd 21 November 2022. Di sisi lain, PPKMTingkat 1 juga diterapkan di daerah lain kecuali seluruh daerah di Jawa dan Bali berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2022. PPKM luar Jawa dan Bali berlaku hingga 5 Desember 2022.

Safrizal mengatakan pemerintah belum mengambil keputusan untuk memperpanjang PPKM guna membendung peningkatan COVID-19. Pemerintah mengatakan kebijakan PPKM akan tetap berjalan selama pandemi COVID-19.

Syafrizal menambahkan, subvarian Omicron XBB disebut-sebut menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah kasus aktif di Indonesia. Namun beberapa ahli mengatakan sebaran subvarian Omicron XBB di Indonesia masih tergolong kecil.

Dia menambahkan, peningkatan kasus aktif Covid-19 diduga karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

“Kami mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk tidak berpuas diri dengan status quo dan terus memperhatikan risiko peningkatan kasus-kasus tertentu. Penting untuk memaksimalkannya dan terus mendorong dosis ketiga/ penguat,” tambah Safrizal.

Selain itu, Syafrizal mengatakan seruan tersebut telah menghasilkan penerapan disiplin protokol kesehatan dan dosis/penguat ketiga sebagai senjata ampuh untuk membela masyarakat dari ancaman Omicron XBB untuk melindungi, kata Kemenkes. itu. subvarian.

Komentar