5 Tips Cepat Belajar Bahasa Arab, Langsung Lancar Ngomong Arab

Akademik35 views

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa terpenting di dunia saat ini. Memang, hampir 300 juta penutur bahasa Arab mempraktikkannya setiap hari di wilayah yang tersebar di berbagai negara dan benua di seluruh dunia.

Bahasa Arab adalah salah satu dari 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.
Tentu Anda ingin belajar bahasa Arab secepat mungkin, bukan?

Sebelum memulai, Anda harus tahu bahasa Arab sangat berbeda dengan bahasa Indonesia, baik dalam bentuk maupun strukturnya.

Alfabet Arab benar-benar berbeda dengan yang digunakan dalam bahasa-bahasa utama Eropa seperti Prancis, Jerman, Spanyol, dan Portugis. Hal ini membuat tulisan Arab tidak seperti yang biasa digunakan oleh penutur asli bahasa Indonesia.

Terlebih lagi, bahasa Arab berbeda-beda antara berbagai negara di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Setiap negara memiliki dialek spesifiknya sendiri yang artinya bahwa beberapa kata, frasa, dan ekspresi bahasa Arab yang digunakan akan berbeda tergantung di negara mana Anda berada.

Untuk membuatnya lebih rumit lagi, tulisan Arab memiliki dua bentuk berbeda. Salah satunya disebut Bahasa Arab Standar Modern, dan yang lainnya, Bahasa Arab Klasik.
Untungnya, perbedaan antara keduanya ini sangat kecil dan kebanyakan penutur bahasa Arab menggunakannya hampir secara bergantian.

Berikut Tips Cepat Belajar Bahasa Arab :

1. Niat

Setiap perbuatan, membutuhkan niat. Tak terkecuali saat kamu hendak mempelajari bahasa Arab. Perlu menanamkan niat dan komitmen yang kuat agar kamu dapat bertahan dan sukses menguasainya.

Jika tak disertai niat yang bulat, bisa saja kamu berhenti dan menyerah di tengah jalan. Cara merengkuh niat yang bulat itu bisa didapatkan lewat sebuah alasan. Carilah alasan yang kuat, mengapa kamu harus belajar bahasa Arab.

Baca Juga  4 Teknik Agar Lolos Plagiasi Uji Turnitin, Gunakan Teknik Parafrase

Bila sudah mendapatkannya, bukan tak mungkin niat yang bulat itu bisa tertanam kuat menembus sanubari paling dalam.

2. Hafal dan Latih Bunyi Huruf Bahasa Arab

Cara yang kedua adalah menghafal dan melatih bunyi huruf bahasa Arab. Seperti diketahui, jika bahasa Arab mempunyai huruf tersendiri. Oleh karena itu, menghafal dan terus melatih bunyi huruf menjadi krusial. Bila kamu terbiasa membaca Al-Qur’an, hal itu sangat membantu

3. Berbicara Bahasa Arab dalam Aktivitas Sehari-hari

Bahasa baru yang dipelajari sehari semalam akan sirna begitu saja jika tak dipakai. Berlaku untuk semua bahasa, tak hanya bahasa Arab. Maka upayakan, pakailah beberapa kosakata bahasa Arab dalam ragam akvitas sehari-hari. Meski tak banyak, hal itu membantu kamu mengingat beberapa kata. Pakailah kata-kata yang cukup umum dan relevan. Tak usah satu kalimat utuh, cukup gunakan satu atau dua kata saja.

4. Pelajari Ilmu Nahwu dan Sharaf dengan Sungguh-Sungguh

Hal ini tak boleh kamu lewatkan, yakni mempelajari kaidah ilmu Bahas Arab yang terdiri dari Nahwudan Sharaf. Secara pengertian, dilansir pada laman arabicquantum.com, ilmu nahwu adalah penjelasan posisi sebuah kata dalam satu kalimat.

Dalam bahasa Indonesia mungkin disebut dengan S-P-O-K. Sedangkan Nahwu, ia adalah ilmu yang menjelaskan tata cara perubahan kata dalam satu bentuk kalimat.

5. Berlatih dengan Menulis Kalimat Bahasa Arab

Menulis akan membantu kamu dalam mengingat beberapa kata bahasa Arab. Sering-seringlah menulis beberapa Kosa Kata Basa Arab, jika kamu ingin meningat atau memperkuat ingatan. Cara ini cukup ampuh dan majur. Layak sekali kamu coba di rumah.

Komentar