Demi Melakukan Efisiensi, Shopee PHK Karyawan di Indonesia

Aplikasi, Careers24 views

Bandung – Shopee PHK Karyawan di Indonesia. Badai PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di sektor startup ternyata belum usai. Kini giliran Shopee Indonesia memangkas jumlah karyawannya. PHK ini disebut sebagai langkah efisiensi yang dilakukan perusahaan.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan bahwa dengan berat hati, Shopee Indonesia harus melepas sejumlah karyawannya.

Menurut informasi yang CNBC Indonesia dapatkan, ada sekitar 3% karyawan yang dirumahkan di Shopee Indonesia dari total 6.232 orang karyawan. Keputusan ini merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh, setelah melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

PHK karyawan Shopee Indonesia bukan menjadi kabar yang mengejutkan, sebab secara global Shopee sudah melakukan PHK di berbagai negara.

Gonjang-ganjing soal PHK Shopee secara global sudah mulai berhembus sejak Juni tahun ini, di mana Shopee dilaporkan akan melakukan PHK skala besar di beberapa pasar utama, termasuk Indonesia.

Kabar ini seiring dengan badai PHK yang tengah dihadapi dunia startup secara global. Perusahaan e-commerce milik Sea Group itu memilih PHK dengan tujuan merasionalisasi bisnis e-commerce-nya, demikian dilaporkan oleh Deal Street Asia dan Tech in Asia, berdasarkan pernyataan beberapa sumber, dikutip Senin (19/9/2022).

Kebijakan PHK Shopee, menurut Deal Street Asia, berdampak kepada karyawan di beberapa pasar Asia Tenggara perusahaan termasuk Indonesia, Thailand dan Vietnam. Perusahaan dikatakan telah mengirim email kepada nama-nama karyawan yang terkena PHK.

Baca Juga  Ini Dia Aplikasi Crypto Terbaik Penghasil Cuan Tahun 2022

Komentar