Juhainah, Makhluk Yang Jika Disebut Namanya Maka Seluruh Penghuni Neraka Akan Menangis

Warta Bandung |Juhainah Apakah kalian semua tau, ada satu makhluk yang kalau disebut namanya membuat seluruh penghuni neraka menangis. Dia adalah Juhainah, satu makhluk yg paling terakhir masuk surga.

Mengapa seluruh penghuni neraka menangis? Karena kalau nama Juhainah dipanggil maka, tidak ada harapan lagi untuk masuk surga.

Disebutkan dalam hadits dari Ibnu Umar berkata : bahwasanya Rasulullah Saw bersabda:
Orang terakhir yang masuk surga adalah seseorang dari suku Juhainah yang dipanggil Juhainah. Lalu, penduduk surga berkata, “Juhainah memiliki berita yang dapat dipercaya (mengenai orang mukmin yang masuk neraka)”. (HR. Al-Khotib)

Juhainah adalah orang beriman. Hanya saja, dia banyak melakukan dosa-dosa, sehingga harus disiksa terlebih dahulu di neraka.

Selain itu, Juhainah adalah orang terakhir yang keluar dari neraka sekaligus orang terakhir yang masuk surga sehingga dia mengetahui siapa saja orang-orang mukmin yang pernah memasuki neraka.

Imam Al-Khotib menambahkan satu riwayat yang menyebutkan bahwa nama asli dari Juhainah adalah Hunad :

Maka penduduk surga berkata “ Tanyakan kepada Juhainah, apakah masih tersisa satu orang saja daripada makhluk (di neraka) ”. Dan sungguh dikatakan bahwa sesungguhnya nama orang ini (Juhainah) adalah Hunad. Wallohu a’lam bisshowab

Baca Juga  Macam-Macam Puasa Sunnah Dalam Islam

Komentar