Jokowi Kunjungi Presiden Rusia dan Ukraina, Hanif Dakhiri: Berkelas, Pak Jokowi Berani

Warta Bandung |Pasti sudah tidak asing lagi ini dengan yang namanya Hanif Dakhiri. Muhammad Hanif Dhakiri adalah Mantan Menteri Tenaga Kerja Indonesia. Ia pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009—2014 dari PKB mewakili Jawa Tengah khususnya wilayah Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

Dilaman postingan Sosial Media Instagramnya, ia menuliskan: “BERKELAS. Pak @jokowi berani, itu rahasia umum. 2018 melawat ke Afghanistan dlm keadaan perang. Dikawal milter setempat tp gak mau pake baju anti-peluru. Kini melawat ke Ukraina dan Rusia. Jg dlm situasi perang. Gilanya, beliau bawa Ibu Negara Iriana, yg tak kalah berani.”

Berani itu gampang diucapkan. Mdh dirangkai dg kata2. Tp sbg sikap & tindakan, keberanian penuh resiko. Pak Jokowi tahu itu & memilihnya dg sadar. Ia percaya pd niat dan tujuan baik. Buat kemanusiaan, buat rakyat Indonesia dan warga dunia. Keberanian dan keyakinan senada jg ditunjukkan Pak Jokowi di dlm negeri. Tak berbilang banyaknya.
.
Tak semua pemimpin berani dan mau keluar dr zona nyaman sbg orang berposisi di atas. Duduk manis dan menjauhi masalah mungkin lbh enak. Pemimpin yg maju memilih keluar dr zona nyaman. Sebab nyaman dan maju tak bisa beriringan. Mau nyaman artinya tdk maju. Mau maju artinya siap hidup tdk nyaman.

Pemimpin berkelas siap hidup tidak nyaman. Berani menantang bahaya unt selesaikan masalah. Disitu inti berkelasnya. Sebab masalah adl cara Tuhan naikkan derajat hidup manusia. Org kecil adl mrk yg hadapi masalah kecil dan berhasil selesaikan masalah kecil. Org besar adl mrk yg berani hadapi masalah besar & selesaikan masalah besar.

Misi damai Pak Jokowi ke Ukraina dan Rusia tdk mudah. Tapi itu langkah berani. Keputusan dan tindakan politik berkelas cum altruis. Posisinya jg pas, sbg Presiden negara besar dan Ketua G-20. Apapun hasilnya nanti, Indonesia sdh berkontribusi unt perdamaian. Jg berkontribusi thd penyelesaian masalah rantai pasok energi, pangan dan pupuk dunia yg terdampak perang.

Baca Juga  Pentingnya Pendidikan Karakter: Suara dari Mimika, Papua Tengah

Sbg rakyat, kita bangga pd Pak Jokowi. Kita bangga sbg Indonesia. Smg Allah SWT, Tuhan YME, memberikan perlindungan dan ridho atas langkah berani Pak Jokowi.

Komentar