Yudisium FIS UIN Sumut, Prof. Syahrin: Dunia Berubah, Pasar Kerja Menanti Sarjana FIS

Akademik, Featured139 views

Prof. Syahrin bercerita,  dunia saat ini mengalami perubahan sangat luar biasa dari manual ke sistem digital. Akibat revolusi Informasi teknologi tersebut sebanyak 25 ribu jenis lapangan kerja hilang di pasaran, tetapi yang mengagetkan muncul sebanyak 40 ribu jenis lapangan kerja baru.

“ Melalui go food  sekarang ini untuk mendapatkan makanan cukup menunggu dalam beberapa menit saja sudah sampai ke rumah, tidak perlu lagi masak di dapur memakan waktu cukup panjang,”kata Prof. Syahrin.” Meskipun bisa memesan makanan lewat go food, tetapi para wanita lulusan FIS jangan sampai tidak pandai memasak, “ tambahnya.

Dekan FIS, Dr. Maraimbang Daulay, MA mengingatkan para sarjana lulusan FIS untuk bersyukur karena telah menyelesaikan perkuliahannya. Namun demikian pendidikan tidak hanya berakhir hingga S1 tetapi dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lain. “Islam juga mengajarkan menuntut ilmu dari ayunan hingga menuju liang lahat,”kata Maraimbang, seraya menyatakan orang-orang yang berilmu pengetahuan akan diangkat derajat oleh Allah Swt.

Ketua Panitia Yudisium, Dr. H. Sori Monang Rangkuti, M.Th yang juga Wakil Dekan I memaparkan jumlah lulusan yang diyudisum sebanyak 150 orang terdiri dari  83 orang dari Ilmu Komunikasi. 11 orang dari Sejarah Peradaban Islam, 15 orang dari Sosiologi Agama, 41 orang dari Ilmu Pustaka.

Dr.Muhammad Alfikri, S.Sos, M.Si mengatakan lulusan mahasiswa FIS UIN Sumut khususnya mahasiswa dan mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi yang melaksanakan Yudisium Sarjana ke VIII menaruh perhatian diri sendiri untuk mempunyai kekuatan perubahan diri dalam melaksanakan persaingan ketat di era revolusi industri 5.0.

“ Para lulusan Prodi Ilmu Komunikasi sangat mudah mendapatkan pekerjaan khususnya membuat karya – karya multi media dan juga multi desain grafis, multi animasi, dan sebagainya yang bisa memperoleh penghasilan. “jelas Alfikri.

Baca Juga  Pentingnya Pendidikan Karakter: Suara dari Mimika, Papua Tengah

Yudisium ke 8 FIS UIN Sumut dihadiri Wakil Dekan I Dr. Sori Monang Rangkuti, M.Th. Wakil Dekan II, Dr. Irwansyah, MA, Wakil dekan III M Yoserizal Saragih, M.Ikom, para Ketua Prodi, Kepala Tata Usaha, Lies Utami Siregar, Sekretaris Panitia Dr. Jepri Naldo, dan para dosen dan orangtua peserta yudisium.

Komentar