Yudisium FIS UIN Sumut, Prof. Syahrin: Dunia Berubah, Pasar Kerja Menanti Sarjana FIS

Akademik, Featured137 views

Yudisium Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Medan, kali ini tampak istimewa. Yudisium yang diadakan di Hotel Garuda Plaza Medan itu, langsung dihadiri Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, MA.

Di hadapan 150 yudisium, Prof. Syahrin dalam sambutannya menegaskan, bahwa mereka yang jadi sarjana saat ini, adalah waktu yang tepat. Sebab, dunia sedang mengalami transisi sosial yang luar biasa. Artinya, pasar kerja sedang menunggu kehadiran sarjana ilmu sosial. “ Kalian sedang ditunggu dunia kerja, “ ujar Prof. Syahrin, Sabtu (25/6/2022) yang disambut aplaus meriah dari peserta yudisium.

Karena itu,  setelah menjadi sarjana, tidak perlu lagi merengek-rengek kepada orang tua, menggantungkan hidup dengan orangtua, tetapi seharusnya orangtua yang harus menggantungkan hidup kepada anaknya yang sarjana.

Pola kehidupan sosial, kata Prof. Syahrin,  mengalami perubahan menjadi pragmatisme. Semua dihitung berdasarkan keuntungan yang bisa diperoleh dari apa yang diperbuat. Ini erat kaitan dengan persaingan Platonistik (paham ideal) dengan Aristo (aktual/pragmatis). Plato melahirkan sifat ideal, sedangkan Aristo melahirkan sifat pragmatis. Makanya kebanyakan wanita sekarang tidak lagi memilih lelaki ganteng tetapi yang bisa memberi penghasilan.

Baca Juga  List Donghua Hari Sabtu Terbaru, Ada Soul Land Season 2

Komentar